LKTI

LKTI (LEMBAGA KANKER TUMOR INDONESIA)

LKTI
Kepedulian terhadap penyakit Kanker Tumor dan cara pencegahannya memang sudah digembar-gemborkan oleh pemerintah, namun kebanyakan hanya seremonial saja tanpa ada kerja nyata mengunjungi masyarakat sampai kebawah untuk mensosialisakannya. Untuk itu LKTI hadir membantu meringankan beban pemerintah untuk mensosialisaskan bahaya kanker tumor dan solusi cara pencegahannya dengan biaya murah dan terjangkau.

Beberapa tahun belakangan kami pernah memiliki cabang dibeberapa wilayah dijadebotabek, dengan menempatkan relawan yang siap memberikan sosialisasi, namun karena terbatasnya dan maka sampai saat ini kami hanya menyisakan dibekasi dan jakarta saja.

Dalam mensosialisasikan bahaya kanker tumor dan solusi pencegahannya, relawan lebih menyasar kepada kalangan Wanita (khususnya ibu-ibu) diantara diforum Arisan, Majelis Taklim, Orangtua pendidikan PAUD, TK. karena biasanya penyakit ini lebih banyak menyerang kaum wanita diantaranya untuk penyakit Kanker Payudara, Kanker Servick, kanker rahim, dll.

Lembaga Kanker dan Tumor Indonesia (LKTI) adalah organisasi yang memiliki jaringan kerja di wilayah bekasi dan Jakarta. Tujuan mulia LKTI adalah mengupayakan pencegahan kanker dengan mengadakan berbagai kegiatan di masyarakat untuk memberikan informasi seputar kanker dengan harapan akan menciptakan suatu pemahaman bersama antara LKTI dengan masyarakat sehingga bisa bersinergi mengupayakan untuk menurunkan angka pertumbuhan penderita kanker yang tiap tahun terus meningkat.

Misi yang diemban oleh LKTI antara lain berupaya sampai semaksimal mungkin agar masyarakat dapat memahami cara-cara dan upaya-upaya untuk mencegah kanker. LKTI memberikan informasi seputar kanker secara gratis atau cuma-cuma untuk seluruh masyarakat baik dengan cara memberikan brosur-brosur berisi materi tentang kanker atau melayani acara-acara sosialisasi tentang kanker ke seluruh lapisan masyarakat baik sekolah-sekolah, perkumpulan, kantor-kantor, lembaga, Instansi pemerintah, majelis-majelis keagamaan dan lain-lain tanpa terkecuali.

MOTTO 
Ayo cegah kanker sekarang juga 

KANKER 
Semakin dini diketahui, semakin mudah diatasi 

Visi : 
“ Ayo Peduli Kanker ”.

Visi ini mengandung maksud, agar masyarakat ikut memberikan perhatian, dukungan  sehingga dapat mewujudkan upaya untuk menurunkan angka kematian dan penderitaan akibat kanker. Untuk mewujudkan upaya ini, kata kuncinya adalah  memberikan pemahaman tentang kanker dan cara-cara pola hidup sehat untuk mencegah kanker serta memasyarakatkan Immunotherapy Kanker sebagai salah satu cara membantu menciptakan system Immunitas untuk pencegahan kanker.

Misi : 
Meningkatkan kepedulian mayarakat tentang kanker melalui sosialisasi-sosialisasi mengenai kanker.

Dalam misi ini terkandung maksud adanya program-program penyuluhan yaitu meliputi program penyebaran informasi tentang kanker, macam-macam jenis kanker, proses terbentuk kanker, gejala-gejala umum dan gejala-gejala khusus dari kanker.

Program Penyebaran Informasi

Dilakukan melalui kegiatan penyuluhan dan Komunikasi, Informasi  penanggulangan masalah kanker. Penyuluhan dilakukan kepada para pihak yang mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan lebih lanjut penanggulangan masalah kanker. Kegiatan ini dilakukan melalui penyuluhan dan pendidikan kepada masyarakat baik melalui sosialisasi massa, sosialisasi kelompok, maupun sosialisasi yang lebih bersifat personal. Pendidikan diberikan kepada para petugas kesehatan dan sukarelawan LKTI. Fokus program promotif adalah memasyarakatkan perilaku sehat guna mengurangi resiko terkena kanker.

Program Pencegahan. 

Dimaksudkan untuk dapat memberikan pelayanan pemeriksaan deteksi dini dan pencegahan kanker dengan pelayanan Immunotherapy Kanker. 

Penyuluhan 

Penyuluhan
Berdasarkan kenyataan akan kurangnya kesadaran dan rendahnya kewaspadaan masyarakat terhadap kanker, LKTI memprioritaskan program yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap kanker dengan berbagai kegiatan penyuluhan.

Materi yang disampaikan mencakup:
1.Kanker secara umum.
2.Gaya hidup sehat untuk mencegah kanker
3.Cara-cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari)
4.Pengenalan tentang Pap Smear dan anjuran pelaksanaannya
5.Informasi tentang kanker yang banyak diderita di Indonesia
6.Pelayanan penyediaan Immunotherapy Kanker

Penyuluhan dilakukan dengan berbagai metode dan media, antara lain dengan menyebarluaskan informasi tentang kanker berupa brosur/leaflet, program SADARI (memerikSA payuDAra sendiRl)dan sebagainya.

Salah satu upaya penyempurnaan program penyuluhan dan penerangan masyarakat adalah menekankan program penanggulangan kanker agar lebih berorientasi pada manusia. Untuk itu, kegiatan penyuluhan Iebih diarahkan pada pengenalan pola perilaku hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan wawasan para petugas penyuluh di seluruh wilayah, LKTI  memberikan pelatihan dan trainning untuk para relawan (konsultan) agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan dan program penyuluhan dan penerangan masyarakat akan selalu dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi seperti dialog-dialog interaktif melalui media elektronik termasuk penggunaan Internet dan membina jaringan hubungan dengan organisasi masyarakat/LSM yang terkait.

Dalam berbagai kegiatan promosi penyuluhan  kesehatan dalam rangka program LKTI menekan serta menurunkan angka pertumbuhan penderita kanker, LKTI sering pula melaksanakan kegiatan dan memberikan konsultasi langsung terhadap masyarakat umum. 

Rekening Donasi                  : Nomor Rekening 1014499942 a/n PUSZAKI di BRI Syariah (Kode Bank 422)